Daily activity #06

Rabu
15 Agustus 2018

Continue...!!

Tips pembuatan sponge cake yang baik :


rongga dibentuk dari pengocokkan gula dan telur di awal pembuatan, hingga benar benar mengembang (+/- 30 menit). cirinya, warna mulai terlihat memucat, jejak mixer di adonan lama hilangnya dan bila adonan di ambil dengan jari telunjuk dan dibalik tidak jatuh.

dalam proses pembentukan rongga, banyak orang menggunakan bahan tambahan makanan cake emulsifier (SP/ovalet/TBM). bahan tersebut berfungsi untuk penstabil dan pelembut adonan cake. sehingga adonan yang sudah mengembang akan kokoh.

teknik pembuatan sponge dengan cara telur dikocok dalam kom adonan yang diletakkan di atas air hangat bertujuan agar telur dapat mengembang sempurna. karena telur dapat mengembang sempurna dalam suhu +/- 40 derajat celsius.

selalu ayak tepung atau bahan bubuk lainnya, agar adonan mulus (tidak berbintil).

masukkan terigu dan bahan bubuk lainnya dengan cara diaduk melipat (dari atas ke bawah) menggunakan spatula agar rongga yang sudah terbentuk tidak rusak dan adonan tetap pada volume yang sama.

bila ada tambahan buah buahan kering seperti kismis, sukade, atau sultana sebaiknya dicampur terlebih dahulu dengan terigu sehingga buah buahan kering menyebar ke seluruh bagian sponge cake (tidak jatuh).

memasukkan margarin sebaiknya dicairkan dahulu, aduk dengan cara melipat layaknya memasukkan terigu. hal ini juga berlaku untuk bahan cair lainnya bila diperlukan.

cairkan margarin di atas api kecil sesaat akan dituang. hindari memasak margarin hingga mendidih.

#pict of the day




Komentar