daily activity #06-februari-2018

 

    selasa 6 februari 2018
saya memulai kegiatan hari ini mulai jam 07:30  saya berangkat dari tempat tinggal menuju kampus politeknik pariwisata makassar untuk melakukan kuliah praktek. adapun kegiatan yang saya lakukan dikampus hari ini yaitu tentunya menyiapkan diri dari segi mental,fisik dan juga groaming. serta tidak lupa menyiapkan peralatan yang akan digunakan , dan kebetulan hari ini kelompok saya mendapatkan  tugas untuk membuat hidangan maincourse (konro bakar,nasi putih,acar,sambal tomat, sambal kacang dan juga kerupuk) ,untuk semua hidangan tersebut telah kami persiapkan di hari sebelumnya jadi hari ini kami tinggal melakukan tahap akhir seperti menggoreng kerupuk dan juga mengrill konro yang telah di masak menggunakan bumbu sebelumnya, serta menghangatkan semua kondimen seperti sambal dan juga serundeng kelapa. sampai semuanya siap untuk disajikan ke restoran,tak lupa juga kami memplating makanan tersebut dengan cantik dan menarik. kemudian kegiatan selanjutnya yang kami lakukan yaitu beristirahat sejenak yang kemudian dilanjutkan dengan membuat persiapan hidangan yang akan dibuat esok hari. sampai semuanya telah selesai sebagai hal yang rutin tentunya kami membersihkan area dapur praktek yang telah digunakn dan kegiatanpun di akhiri pada pukul 17:30.

berikut ini adalah beberapa gambar dari hasil hidangan yang kami buat hari ini beserta sedikit penjelasan dari hidangan tersebut hidangan tersebut :

1. konro bakar







       konro bakar merupakan salah satu kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda yang mencintai masakan nusantara, baik penduduk lokal maupun pendatang. Biasanya makanan khas ini dapat ditemukan disepanjang jalan kota Makassar, selain itu sudah banyak restoran yang menjadikan sop konro sebagai menu utamanya. Diberbagai acara pernikahan, perayaan hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha maupun acara lainnya, menu satu ini jarang terlewatkan. Sebagian besar penduduk asli Makassar bahkan lebih sering membuatnya sendiri untuk dinikmati bersama keluarga, karena cukup mudah untuk mebuatnya.

resep konro bakar :
Bahan sop konro:
– 1 Kg iga Sapi, diiris sesuai ruasnya
– 2 L air untuk merebus iga sapi
– 1 cm Jahe, parut
– 3 cm Lengkuas, memarkan
– 3 cm Kayu manis
– 3 butir cengkih
– 2 lembar daun Salam
– 2 sdm air asam jawa
– 1/2 sdt garam
Bahan bumbu halus
– 5 butir bawang merah, haluskan
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 1 sdt merica bubuk
– 2 sdm kluwak, (ambil daging buahnya dan rendam dalam 2 sdm air panas, haluskan)
– 1/2 sdm kunyit
– 1/2 sdm jintan
– garam secukupnya (penyedap rasa)
– 3 sdm minyak goreng

Cara membuat konro bakar:
– Rebus iga sapi dalam air bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan garam (Bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Sementara iga sapi di rebus, tumis bahan bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan iga sapi, hingga bumbu menyerap dan iga menjadi matang dan lunak. Tiriskan iga sapi, dan rebus kaldu hingga lebih kental.
– Bakar iga sapi di atas bara api, sambil diolesi dengan bumbu kaldu kental hingga harum. Angkat, taburi dengan bawang merah goreng, dan sajikan bersama bumbu kaldu yang kental dan perasan jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.
Demikian “resep dan cara membuat sop konro dan konro bakar khas Makassar” yang dapat kami tuliskan, semoga dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Selamat mencoba sendiri di rumah Anda.




2. saus kacang 
3.saus tomat
4.kerupuk 
5.nasi putih



sekianlah persentasi daily report saya hari ini sekian dan terima kasih.!!!!!


sumber referensi:
http://daradaeng.com/resep-sop-konro-dan-konro-bakar-khas-makassar.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Nasi


Komentar