macaron

macaron.pict by google


       hallo guys...!!!!! balik lagi di blog aku ,di awal tahun 2018 ini seperti biasa saya akan menceritakan kegiatan kegiatan saya yang berkaitan dengan dunia culinary di tempat training, nah kali ini yang akan saya bahas yaitu salah satu jenis dessert yang sudah begitu populer di dunia begitupun juga di indonesia yaitu "macaron"  mungkin pembaca masih ada yang belum tau macaron itu seperti apa. nah maka dari itu saya akan membahas sedikit tentang macaron.
   

Macaron adalah kue mungil yang berasal dari Perancis. Bahan baku utama kue ini adalah putih telur, almond bubuk, gula, dan pewarna makanan. Bentuk macaron yang bulat kecil dan berwarna-warni sesuai dengan rasanya menjadi ciri khas yang sangat mencolok

kesan pertama saya saat melihat macaron adalah suatu hidangan yang mungkin banyak diminati oleh anak anak karna dari tampilannya saja sudah sangat menggoda anak anak untuk mencicipinya, dengan warnanya yang begitu menarik ,dan juga rasa manis yang khas dari macaron tersebut. di tempat saya training macaron biasnya digunakan sebagi garnish (hiasan kue) maupun juga untuk dikonsumsi langsung oleh pengunjung hotel terkadang juga dijadikan sebagai pelengkap hidangan pada suatu event besar,

di sini saya akan menjelaskan cara pembuatan macaron yang saya dapatkan di tempat training.

macaron

bahan :
250 gr gula pasir
250 gr gula halus
250 gr tepung almond
210 gr putih telur

cara membuat :
 1. kocok putih telur dengan gula pasir sampai terlihat kaku berwarna putih mengembang
 2. campurkan tepung almond dengan gula halus di wadah besar
 3. tuang adonan putih telur dan juga gula yang sudah mengembang kedalam tepung almond         dan juga gula halus kemudian aduk rata menggunakan spatula
 4. beri pewarna sesuai keinginan ,kemudian diaduk lagi sampai warnanya tercampur rata
 5. cetak macaron diatas loyang yang sudah diolesi butter bentuk macaraon bundar diatas              loyang menggunakan plastik segitiga 
 6. banting perlahan loyang diatas tangan secara pelan sampai adonan macaron terlihat lebih 
     melebar
 7. diamkan macaron di tempat kering sampai adonan macaron terlihat lebih kering
 8. masukan macaron kedalam oven dengan suhu 140 derajat sekitar 15 menit

tips & trick :

1. saat mengocok putih telur dengan gula jagan sampai terlalu mengembang agar  tekstur yang  di dapat lebih baik
2. jangan sampai macaron terlalu kering sesaat sebelum di bakar
3. macaron yang sudah matang tandanya sudah tidak lengket lagi diatas loyang
4. macaron yang baik memiliki kaki seperti alas di bawahnya.




ok..!!! guys sekian dulu blog saya kali ini yahhhh..... sampai  jumpa di blog selanjutnya,,,,,,.!!!


Komentar