ingredients 02




22/02/2018

Berikut ini adalah deskripsi suatu bahan yang terdiri dari nama bahan, history,kandungan gizi ,dan juga fungsinya :


Kayu manis


Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama. Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Kandungan yang ada dalam kayu manis

Kandungan kayu  manis bisa dibagi menjadi dua macam yaitu yang larut dalam air dan yang larut dalam minyak. Kalau kita memakai kayu manis untuk bumbu masak dalam bentuk  batangan maka yang kita dapatkan hanya yang larut dalam air, sedangkan kalau kita memasukkan bubuk kayu manis, kedua macam kandungan kayu manis bisa kita dapatkan. Sebagai pengobatan alternatif  bisa dimasukkan kapsul.

Kandungan kedua macam kayu manis tersebut diantranya: cinnamaldehyde, eugenol,  trans-cinnamic acid; kelompok senyawa fenol; tannins; catechins; oligomeric proanthocyanidins; limonene dan alpha-terpineol; pinene; calcium monoterpenoid oxalates; gum; mucilages; resins; starch; complex sugars. Coumarin dalam jumlah yang sangat sedikit juga bisa ditemukan. Mineral yang ada dalam kayu manis diantaranya adalah kalsium, magnisium, zat besi , kalium, natrium, khromium (cr), selenium, tembaga (Cu), dan zing (Zn). Biarpun dalam jumlah yang kecil, kayu manis juga mengandung vitamin A, riboflavin (B2), niacin (B3), dan vitamin K.

Manfaat kayu manis

Kayu Manis Bagi Kesehatan - sudah tak lazim lagi dengan rempah-rempah yang satu ini selain bahan makanan, pengobatan juga sebagai bahan parfum, Kayu manis sudah mendapatkan posisi yang sangat tinggi di kalangan masyarakat tradisional sebagai bahan pengobatan, kelebihan dari kayu manis ini untuk kesehatan.  Kayu Manis meningkatkan aktivitas otak dan karenanya bertindak sebagai tonik otak yang baik. Ini membantu dalam menghilangkan ketegangan saraf dan kehilangan memori. Penelitian di Wheeling Jesuit University di AS telah membuktikan bahwa aroma kayu manis memiliki kemampuan untuk meningkatkan aktivitas otak . Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr P. Zoladz menemukan bahwa orang yang diberikan dengan kayu manis meningkatkan mereka mencetak gol pada kegiatan kognitif seperti proses attentional, memori pengakuan virtual, memori kerja, dan visual-motor kecepatan respon.


2.ONION/BAWANG BOMBAY


Onion adalah salah satunjenis bawang yang berukuran lebih besar dari bawang biasanya,dan memiliki warna kulit coklat terang,berbentuk bulatpada umumnya seperti kepalan tangan orang dewasa,memiliki lapisan kulit yang tebal yang memiliki kegunaan sebagai penambah rasa dan aroma pada makanan.Bombay ,di perkirakan berasal dari india yaitu kota mumbai,yang kemudian bobay menyebar luas di dunia


nutrisi
Onion atau Bawang bombay juga memiliki nutrisi yang banyak dan memiliki zat yang mampu malawan kanker,mengontrol kadar gula darah,mencegah pengumpalan darah dan melancarkan pencernaan,mengurangi hipertensi serta menjaga kesehatan otak,bombay juga berfungsi sebagai antioksida karna mengandung vitamin C di dalamnya.kandungan gisi dalam bombay

    protein 1,4 gr
    lemak bawang bombay 0,2 gr
    karbohidrat 10,3 gr
    kalsium 32 mg
    fosfor 44 mg
    zat besi 1 mg
    vitamin A 50 IU
    vitamin C 9 mg



karakteristik
bawang bombay memiliki ukuran yang besar ,aroma yang kuat dan rasa yang manis..bombay memiliki akar serabut,daun seprti pipa namin pipih,batang semu terbentuk dari pelepah daun serta bunga yang majemuk dan melingkar

Manfaat bawang bombay:


    anti inflansi
    menjaga kesehatan gigi dan mulut
    menjaga kesehatan jantung
    mencegah diabetes
    menyuburkan rambut
    obat asma
    dan masih banyak lagi
3. Kunyit

SEJARAH SINGKAT Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan(perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuhsubur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyitberasal dari India.
Kata Curcuma berasal dari bahasa Arab Kurkum danYunani Karkom. Pada tahun 77-78 SM, Dioscorides menyebut tanaman inisebagai Cyperus menyerupai jahe, tetapi pahit, kelat, dan sedikit pedas,tetapi tidak beracun. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Selatankhususnya di India, Cina Selatan, Taiwan, Indonesia (Jawa), dan Filipina.

Nutrition
Banyaknya Kunyit yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Kunyit yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 78 %
Jumlah Kandungan Energi Kunyit = 63 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kunyit = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kunyit = 2,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kunyit = 9,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kunyit = 24 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kunyit = 78 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kunyit = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kunyit = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kunyit = 0,03 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kunyit = 1 mg
Khasiat / Manfaat Kunyit : - (Belum Tersedia) 
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K 
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Function

  • Sebagai ramuan anti peradangan tubuh. Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kekuatan anti peradangan yang paling kuat.
  • Mengobati penyakit asam lambung.
  • Mengurangi gas pada pencernaan.
  • Meredakan sakit akibat irritable bowel syndrom.
  • Mengurangi mual.
  • Meredakan diare.

Characteristic

  • Kunyit adalah tanaman jenis herbal berupa semak dengan ketinggian pohon sampai 70 cm
  • Batang nya berbentuk tegak, berwarna hijau kekuningan ,serta termasuk batang semu
  • Daun kunyit termasuk daun tunggal, tulang  daun berbentuk menyirip,lanset memanjang,serta warna hijau pucat


sumber referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kayu_manis
https://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_bombai
http://www.kerjanya.net/faq/18072-bawang-bombay.html  



Komentar